Sunday 16 October 2016

Manfaat Salak Untuk Kesehatan



Salak merupakan salah satu tanaman tropis yang mempunyai nama ilmiah Salacca Edulis. Buah yang satu ini hanya bisa tumbuh di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, Thailand dan Malaysia. Buah tropis ini banyak diminati oleh banyak orang di Eropa dan juga Amerika. Selain mempunyai bentuk yang cukup unik dan rasanya yang manis, sebagian ada juga yang asam dan sepat, ternyata buah salak ini mempunyai banyak kandungan gizi yang terbilang cukup lengkap. Pada 100 gr buah salak memiliki energi sekitar 368 kilikalori, protein sebanyak 0,8 gram, karbohidrat sebanyak 90,3 gram, lemak sebanyak 0,4 gram, kalsium sebanyak 38 miligram, fosfor sebanyak 31 miligram, zat besi sebanyak 3,9 miligram. Selain itu  pada satu buah salak jugaterkandung vitamin C sebesar 8,4 miligram.Berikut beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan:
Untuk Menajaga Kesehatan Mata.
Buah salak memiliki kandungan betakaroten yang terbukti sangat baik untuk untuk menjagakesehatan mata dari berbagai penyakit mata. Dan ternyata kandungan betakaroten dalam buah salak 5,5 kali lebih besar dari buah mangga dan juga 5 x lebih besar dari buah semangka.
Untuk Mengatasi Diare
Ketika Anda mengalami diare atau terlalu sering BAB, sebaiknya Anda makan buah salak, karena buah salak memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga mampu untuk mengobati diare.
Untuk Membantu Diet
Sebagaimana kita ketahui bahwa kelebihan berat badan dapat mengundang banyak penyakit berbahaya. Salah satu solusinya adalah menurunkan berat badan dengan diet dan olahraga. Bagi anda yang sedang diet dan inginmenurunkan berat badan, buah salak cukup baik untuk Anda kosumsi. Karena buah yang satu ini mengandung fitonutrien, zat yang satu ini dapat membantu program diet Anda. Selain itu, salak juga memiliki 2 mg Vitamin C. Sebagaimana yang kita tahu bahwa serat dapat membuat kita lebih cepat merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Dengan ini tentu akan menjaga Anda dari penyakit yang dapat timbul karena kelebihan berat badan.
Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak
Penelitian juga telah membuktikan bahwa buah salak diklam dapat meningkatkan kinerja otak karena memiliki kandungan pottasium dan juga pektin. Pottasium ini dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom yang berperan sebagai pengendali detak jantung dan meningkatkan fungsi otak serta meningkatkan fungsi fisiologi tubuh lainnya. Hal ini juga yang dapat membantu Andamengatasi penyakit pikun.
Untuk Mengobati Kanker
Berdasarkan hasil penelitian ilmiah yang pernahdipublikasikan dalam jurnal Intregative Center Therapies, disebutkan bahwa kandungan salak berupa pektin juga mampu mencegah dan jugamengobati kanker prostat.
Ada satu hal yang perlu Anda ketahui tentang efek samping buah salak. Mengkosumsi buah salak terlalu banyak dalam seharibisa berdamapak sembelit ataupun susah buang air besar. Normalnya mengkosumsi buah salakitu dalam 1 hari adalah sekitar 4 hingga 5 buah saja. Saat memakan buah salak, kebanyakan orang membuang ataupun membersihkan kulit arinya.Sebenarnya itu kurang baik, karena pada kulit aribuah salak mengandung serat tinggi.
Itulah beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment