Monday 4 April 2016

Khasiat Dan Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan


Pepaya merupakan buah yang banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Indonesia. Rasa buahnya yang manis membuat banyak orang yang menyukai buah ini. daun pepaya juga banyak dicari oleh konsumen karena khasiatnya yang berlimpah bagi kesehatan. Manfaat pepaya antara lain sebagai berikut:

1.      Melancarkan buang air besar, sebagai sayuran yang mampu memperlancar buang air besar. Daun pepaya merupakan salah satu jenis dedaunan yang kaya akan kandungan karpain. Karpain inilah yang kemudian akan membunuh semua mikroorganisme dalam sistem pencernaan yang dianggapnya sebagai parasit di dalam perut. Dengan begitu, sistem pencernaan manusia akan menjadi lebih baik dan terhindar dari diare maupun sembelit.

2.      Mencegah demam berdarah, Anda dapat melakukan usaha ini dengan cara rutin meminum air rebusan daun pepaya. Agar anda merasa nyaman saat meminumnya, tambahkan sedikit pemanis seperti madu. Dengan mengkonsumsi ramuan ini, anda akan meminimalisir terjadinya demam berdarah sehingga hidup anda akan lebih terjamin kesehatannya.

3.      Menghilangkan nyeri haid, Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan cara merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga gangat kemudian minulah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan mempercepat reaksinya dalam perut sehingga rasa nyeri akan segera dapat diatasi. Selain itu, daun pepaya juga bermanfaat sebagai obat anti kanker. Hal tersebut dikarenakan dalam daun pepaya terdapat getah yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Getah tersebut akan tercampur pada segala olahan yang berbahan dasar daun pepaya. Jadi, anda tidak perlu untuk meminum getah tersebut secara langsung.

4.      Mengobati masuk angin, Kandungan berbagai zat bermanfaat dalam daun pepaya mampu menghilangkan penyakit masuk angin. Cara memanfaatkan daun pepaya sebagai obat masuk angin adalah dengan cara meminum air rebusan daun pepaya dan daun sembung, jinten, sereh, jahe dan gula jawa. Jangan lupa menyaringnya terlebih dahulu sebelum diminum. Untuk hasil yang maksimal, minumlah dalam keadaan hangat.

5.      Mencegah dan mengobati diabetes, Daun pepaya mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga keadaannya akan tetap stabil. Meski dapat mengontrol gula darah, namun anda juga harus mengimbanginya dengan cara tetap menjaga makanan yang anda konsumsi. Jadi, semua harus dapat berjalan secara beriringan.

6.      Daun pepaya sebagai obat jerawat, Obat tersebut adalah masker daun pepaya. Masker daun pepaya dapat anda buat sendiri dengan cara menghaluskan daun pepaya segar kemudian mengoleskannya ke seluruh wajah. tunggu 30 menit dan bilas. Lakukan cara ini rutin setiap dua hari sekali.

7.      Batu Ginjal, caranya beberapa lembar daun pepaya dicuci bersih lalu direbus, kemudian air rebusan tersebut diminum dan diakhiri dengan meminum air kelapa muda (namun, bagi yang mengidap hipertensi tidak diperkenankan menggunakan metode ini).

8.      Malnutrisi (gejala kekurangan gizi pada balita), caranya daun pepaya ditumbuk bersama daun dadap serep, dan kapur sirih kemudian dipergunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut si penderita.

9.      Disentri, caranya 2 lembar daun pepaya direbus dalam 1 liter air bersama dengan 1 sendok teh bubuk kopi, lalu disaring dan diminum satu cangkir per hari.

10. Diare, caranya daun pepaya direbus bersama dengan minyak kelapa, lalu daun pepaya yang layu tersebut ditempelkan pada perut penderita.

11. Membasmi cacing perut, caranya daun pepaya direbus dalam 2 gelas air bersama dengan adas pulowaras sampai mendidih, lalu air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap malam sebelum tidur.

12. Mengatasi keputihan, caranya 1 daun pepaya yang telah dicuci bersih direbus dalam 1,5 liter air bersama 50 gram akar alang-alang dan pulasari, kemudian air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap hari satu kali.

13. Mengatasi noda hitam di wajah, caranya daun pepaya dihaluskan dengan cara ditumbuk ataupun diblender dan ditambah air, kemudian air sari daun pepaya tersebut dicampurkan dengan masker dan dioleskan pada wajah, setelah 15 menit wajah dibasuh dengan air hangat sampai bersih.


Sekian Artikel Manfaat dan Khasiat pepaya bagi kesehatan ini semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment