Tuesday 29 March 2016

Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan





Daun binahong akhir-akhir banyak menjadi buah bibir karena kegunaannya yang semakin populer untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Daun binahong seperti terdengar asing di telinga, namun sebenarnya tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman herbal, terlebih lagi pada bagian daunnya. Berbagai penyakit dapat menggunakan daun binahong, untuk pengobatan alternatif. Pengobatan dengan tanaman herbal memang relatif lebih lama sembuh, namun akan lebih murah jika dibandingkan dengan obat dokter. Manfaat Daun Binahong Untuk Pengobatan Umumnya dengan meminum air rebusan daun binahong. manfaat daun binahong bisa digunakan untuk pengobatan antara lain sebagai berikut:

1.      Kencing manis : gunakan sebelas lembar daun binahong yang direbus, lalu minum rebusan airnya setiap hari.

2.      Sesak nafas : rebus tujuh lembar daun binahong, kemudian minum setiap hari sekali.

3.      Menstabilkan tekanan darah (tekanan darah rendah) : rebus delapan lembar daun binahong, air rebusannya diminum setiap hari.

4.      Batuk yang menyebabkan muntah darah : rebus sepuluh lembar daun binahong, dan minum rebusannya setiap hari.

5.      Penyakit paru-paru : gunakan sepuluh lembar daun binahong dan direbus, dan minum ramuan ini setiap hari.

6.      Membantu menyembuhkan diabetes (kencing manis).

7.      Meringankan sesak napas.

8.      Membantu memulihkan stamina.

9.      Mempercepat penyembuhan luka.

10. Mengatasi pembekuan darah dan peradangan.

11. Memulihkan memar.

12. Mencegah stroke

13. Mengurangi arthritis.

14. Mencegah asam urat.

15. Ambien (wasir).

16. Gangguan sakit kepala.

17. Mengobati Gatal-gatal.

18. Menjaga sistem kekebalan tubuh.

19. Pembengkakan usus.

20. Hidung Mimisan.

21. Masalah kesehatan setelah operasi dan melahirkan.

22. Mengobati jerawat dengan cara Ambil 5 atau lebih daun binahong dan tumbuk sampai hancur. Langsung oleskan pada jerawat secara teratur. Lebih baik jika Anda diterapkan pada malam hari sebelum tidur. Jika ingin hasil yang maksimal, ambil 5-6 lembar daun binahong air kemudian rebus dengan 2 gelas air, hingga tersisa satu gelas. Bisa ditambahkan madu untuk penambah rasa.

Pengobatan alternatif ini, harus dilakukan dengan rutin namun juga harus terus meminum air putih untuk menyeimbangkan kadar rebusan daun binahong pada tubuh.

Bahaya Daun Binahong

Ramuan yang mengandung efedrin yang disebut ephedra terkait dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung, gangguan otot, kejang, stroke, denyut jantung tidak teratur, kehilangan kesadaran, dan kematian. Setiap herbal atau obat-obatan yang mengandung efedrin harus diambil dengan hati-hati dan di bawah pengawasan seorang profesional medis. Daun binahong juga dapat menyebabkan pusing, gelisah, lekas marah, insomnia, sakit kepala, kurang nafsu makan, mual, muntah, flushing, kesemutan, kesulitan buang air kecil, dan detak jantung berdebar.

Jangan gunakan binahong dengan stimulan lainnya seperti kafein. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk mengancam jiwa. Sumber kafein termasuk kopi, teh, kacang kola. Bagi ibu hamil dan menyusui daun binahong tidak aman, maka jangan gunakan. Selain itu dapat menyebabkan nyeri dada (angina) lebih buruk karena merangsang hati. Jangan gunakan jika memiliki masalah angina ini.

Demikian artikel tentang manfaat dan khasiat daun binahong semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment