Tuesday 29 March 2016

Manfaat Pohon Kelapa Dalam Kehidupan Sehari-hari


Pohon kelapa  atau pohon nyiur mudah ditemukan di mana-mana. Pohon kelapa bisa tumbuh di daerah pantai hingga ke daerah pegunungan.

Hampir semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan, yaitu  mulai dari akar, batang, daun, batang daun, bunga, dan buahnya. Pramuka Indonesia, Praja Muda Karana, menggunakan lambang pohon kelapa  karena begitu besar arti dan manfaatnya bagi manusia. Pramuka diharapkan meniru pohon kelapa, berguna dan bermanfaat bagi sesamanya.  

Berikut manfaat dari bagian pohon kelapa:

1.      Akar pohon kelapa  dapat dipakai sebagai pengganti kayu bakar dan obat penyakit kulit dan demam. Di tangan orang yang kreatif, akar pohon kelapa bisa dijadikan produk seni. Batang pohonnya banyak digunakan sebagai bahan bangunan yaitu sebagai tiang rumah dan jembatan darurat, bahkan menjadi bahan kursi.

2.      Buah kelapa adalah bagian yang paling banyak manfaatnya dari pohon kelapa . Kelapa yang muda dijadikan minuman segar, sedangkan kelapa yang tua diambil santannya. Buah kelapa juga dibuat menjadi minyak goreng. Sedangkan air kelapa tua bisa menjadi nata de coco.

3.      Batok kelapa atau tempurungnya bisa dijadikan arang. Tempurung kelapa bisa juga dibuat hiasan dinding, kepala patung, dan sebagainya. Di beberapa daerah orang masih menggunakan gayung dan sendok sayur dari tempurung kelapa. Sabut kelapa selain sebagai bahan bakar, juga menjadi bahan pembuat keset dan bahan pengisi jok kursi.

4.      Daun kering dari pohon kelapa  dijadikan atap rumah, sedangkan daun yang masih muda bisa dijadikan hiasan pada perkawinan, kulit ketupat, pembukus makanan tradisional.

5.      Tulang daun bisa dijadikan sapu lidi, anyaman, dan tusuk sate. Air dari bunga pohon kelapa  yang sengaja disadap dimasak menjadi gula merah atau gula kelapa.


Demikian artikel tentang manfaat pohon kelapa semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment